oleh

Kemenpan RB Nilai Pelayanan Publik Pemkot Bandar Lampung Sangat Baik

BANDAR LAMPUNG – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana menyambut baik kunjungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB), Jumat (30/4).

Pertemuan Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Kemenpan RB, Noviana Andrina diterima langsung Wali Kota Eva Dwiana di Ruang Rapat Wali Kota dalam rangka penilaian pelayanan publik di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung.

Usai pertemuan, Noviana didampingi Kepala Disdukcapil Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin, meninjau langsung peningkatan pelayanan di Disdukcapil dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Yang mana pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) berlantai 10 yang digagas Wali Kota Bandar Lampung periode sebelumnya Herman HN.

 “Penilaian ini sudah dalam beberapa tahun ini kita lakukan di dua unit ini, PTSP dan Dukcapil, ada enam aspek yang kita nilai. Alhamdulilah, Dinas Dukcapil sudah memperoleh nilai pada tahun ini bersama PTSP. A, artinya sangat baik,” kata Noviana.

Dari hasil tinjauannya, lanjut Noviana,  sudah banyak upaya yang dilakukan PTSP dan Disdukcapil Bandar Lampung dalam pelayanan kepada publik. Sehingga dengan pencapaian ini pihaknya akan mendorong Pemkot Bandar Lampung menuju Pelayanan Prima.

“Nanti satu tahap lagi, yang tertinggi adalah Pelayanan Prima. Kita akan mendorong ini dan oleh karena itu kami datang melihat bagaimana progres yang dilakukan oleh kedua unit ini dalam upaya perbaikan yang kami lakukan evaluasi tahun lalu,” ujar Noviana.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin menyebut peningkatan pelayanan publik secara signifikan terlihat pada kesiapan SDM dan peralatan yang digunakan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mereka melihat M-Kios yang memuat informasi digital dan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang telah kita siapkan, yang enam bulan lalu beliau datang ke sini belum ada,” ujar Zainuddin.

Peningkatan pelayanan publik ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Tim Penilai Menpan RB terhadap pelayanan publik yang sudah diberikan selama ini.

“Secara keseluruhan dari hasil penilaian mereka, sudah disampaikan kepada saya tadi, yang intinya mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan,” beber dia.

Tim Penilai, lanjut Zainuddin, juga tampak antusias dengan terobosan pelayanan administrasi kependudukan secara online berbasis aplikasi android, Permen Manis.

“Dan alhamdulilah selama 4 tahun, sejak 2017-2021, Disdukcapil Kota Bandarlampung sudah mendapatkan nilai 2B dan 3A. Ibu Wali Kota sangat antusias sekali, kalau di masa Pak Wali Kota Herman HN bagus, di masa Ibu Wali Kota Eva Dwiana harus lebih bagus,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed