oleh

Besok, Pemkot Mulai Program Gerebek Sungai

BANDAR LAMPUNG – Dibawah pimpinan Wali Kota Eva Dwiana permasalahan banjir sejumlah sungai di Bandar Lampung akhirnya ada titik terang. Mulai besok, Jumat (19/3/2021), Pemerintah Kota (Pemkot) akan memulai program gerebek sungai.

Program gerebek sungai yang dicanangkan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, berupa normalisasi perairan di kali. Hal tersebut merupakan solusi atas sejumlah keluhan masyarakat.

Wali Kota Eva Dwiana menjelaskan jika program tersebut merupakan langkah awal  mengatasi masalah banjir di Kota Bandar Lampung.

“Rencana Jumat bunda akan gerebek sungai. Mudah-mudahan wilayah kota nggak ada banjir lagi. Ini awal dari kita melihat, untuk gerebek besok. Mudah-mudahan sungai kita lancar,” kata Bunda Eva –sapaan akrab– Eva Dwiana usai meninjau sungai Way Awi, Jagabaya I, Rabu (17/3/2021) sore.

Disamping itu, Eva tetap meminta agar masyarakat menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah disungai.

“Bunda akan memberikan reward apabila masyarakat dapat membantu Pemerintah mengatasi masalah sampah, yang menjadi salah satu persoalan banjir. Adapun reward berupa perbaikan jalan di kampung,” jelasnya.

Normalisasi akan dilakukan diseluruh sungai di Bandar Lampung yang masih perlu diatasi dan diperbaiki.

“Semua sungai yang ada di bandarlampung. Pokoknya semua kota bandarlampung sungainya harus lancar semua,” ujar Eva.

Foto Saibetik

Semantara Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Rizky Agung memaparkan bahwa setiap sungai akan dilakukan pengerukan sedalam 1,5 meter menggunakan alat berat. Dan menurunkan sebanyak 75 lebih personel dari Dinas PU Kota.

“Teknisnya, Pemkot memperbaiki pondasi atau bronjong yang jebol. Saat ini Ada 5 titik sungai kota, yang kewenangan kota. Ada di way lunik, prasanti, tanjungsenang, bumiwaras, masih banyak lagi. Nanti kita juga kerjasama sama balai,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed