oleh

Usai Aksi Bersih Sampah, Pemkot Akan Ubah Tata Kelola Pemukiman Pantai Sukaraja


SAIBETIK.COM, BANDAR LAMPUNG –
Usai melaksanakan aksi pembersihan pantai Sukaraja, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung berencana mengubah tata permukiman Pantai Nelayan Payang atau Pantai Sukaraja menjadi lebih rapih dan indah.

Sekretaris Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan mengatakan, Tata kelola pemukiman pantai yang berlokasi di Jalan Ikan Selar Bandar Lampung itu berupa pembangunan infrastruktur, termasuk pengaspalan jalan, pengecatan bangunan, dan pembangunan talud.

“Kita akan mencoba mengubah lokasi ini menjadi tempat yang tidak kumuh,” ucap Iwan, yang juga selaku Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandar Lampug, Rabu (12/6/2023).

Program jangka pendek tersebut, kata Iwan, berupa perbaikan infrastruktur diantaranya, pengaspalan jalan, cat dinding rumah warga dan bangunan sekitar. Dimana segala kebutuhan tata kelola akan difasilitasi Pemkot Bandar Lampung.

“Dinas PU nanti akan menyediakan catnya, naamun kita minta pak lurah pak RT dan warga untuk berkolaborasi mengecatnya agar tempat ini indah,” ujar Iwan.

Disamping itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung juga diminta untuk turut serta melakukan penataan lokasi Pantai Sukaraja.

“Kami harap ya DLH menanami tempat ini dengan bunga, tanaman yang cantik, ya seperti taman begitu,” ucapnya.

“Rencana Kamis ini akan berkumpul dengan lurah RT dan warga untuk menyampaikan tidak lanjut dari DLH, Dinas PU untuk menata ulang tempat ini. Setelah, kita langsung eksekusi pengecatan dan lainya,” tambah Iwan.

Sementara untuk pembangunan talud, akan masuk program jangka panjang. Dengan membutuhkan kolaborasi bersama stakeholder terkait.

“Pembangunan talud pantai ini bertujuan mencegah abrasi serta sebagai penahan ombak. Sehingga pemukiman warga yang terletak disekitar pesisir pantai setempat,” pungkasnya.

Editor : Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed