oleh

Harga Cabai Meroket 100% Jelang Nataru

BANDAR LAMPUNG – Terjadi lonjakan harga beberapa komoditas di sejumlah pasar Tradisional memasuki perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Kenaikan harga cabai di pasar traditional Pasir Gintung kini mencapai 100%. Sementara di Pasar Tugu peningkatan harga cabai sudah terjadi sejak November 2021.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Wilson Faisol mengatakan, meski sejumlah harga bahan pokok meningkat. Namun dipastikan ready stock dan tidak kekurangan untuk warga Bandar Lampung.

“Untuk stok cabai ini Insya Allah aman. Terjadinya kenaikan ini karena fenomena dan musiman,” jelasnya.

Sementara, Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung Kadek Sumartha, harga Cabai mengalami kenaikan akibat terkendala pasokan pengiriman.

“Jadi memang ada keterlambatan dari petani cabai, problem nya karena ada yang gagal panen. Namun, untuk stoknya masih aman jadi tidak perlu takut,” kata Kadek.

Pantauan di Pasar Pasir Gintung, harga Cabai meroket sampai dengan 100%. Pedagang eceran mematok harga hingga Rp.50.000/kg.

“Harga sebelumnya hanya Rp.15.000/kg, sekarang mencapai Rp.35.000/kg. Sedabgkan untuk Cabai Setan saat ini Per kilo nya mencapai Rp.45.000,” kata Distributor Cabai di Pasar Pasir Gintung, Sugiarti, Rabu (8/12/2021).

Meski begitu, masyarakat tidak perlu khawatir karena sampai dengan akhir tahun stok cabai dipastikan aman. Dan akan terus di pasok oleh petani dan agen besar.

“Kalau barang Insya Allah selalu ada, dari agen besarnya selalu ada terus, pasti diantar dan ada, karena sudah langganan,” ujarnya.

Pedagang Cabai di Pasar Tugu, Mama Eva Marbun menyebut, harga cabai merah, cabai setan, dan rawit saat ini menginjak di harga 40 ribu, cabai rawit juga Rp40/ribu, rawit jawa Rp30 ribu, cabai gunung Rp35 ribu dan cabai hijau Rp25 ribu.

β€œItu harga belinya dari agen, kita ambil untung lima ribu perkilonya. Tapi masih ada yang beli cabai, walau cuma seperapat,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed