oleh

Upacara Lahirnya Pancasila, Bunda Eva Paparkan Pesan Presiden Joko Widodo

SAIBETIK.COM, Bandar Lampung – Ikut memperingati hari Lahir Pancasila tahu 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar upacara bersama jajaran Forkopimda Bandar Lampung, di Halaman Kantor Wali Kota, Kamis, 1 Juni 2023.

Pada upacara Hari Lahir Pancasila 2023 itu, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana yang juga selaku inspektur upacara membacakan naskah Pidato Presdien Joko Widodo.

Wali Kota Eva Dwiana menyakampaikan, pesan dalam nilai Pancasila agar dijadikan filter oleh bangsa Indonesia, khususnya generasi penerus sehingga tidak mengalami disorientasi di masa mendatang melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri.

Menurut Presiden, dibacakan Wali Kota Eva Dwiana, kita harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai Pancasila. Sebagaimana yang dikatakan Bung Karno bahwa nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya.

”Betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. pancasila tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” ujar Bunda Eva -sapaan- Wali Kota Bandar Lampung.

Eva Dwiana memaparkan, bahwa bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19  merupakan kekuatan Pancasila. Selanjutnya, kedepannya juga akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024.

“Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif. Jiwa dan roh pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas,” ungkapnya.


Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, sambungnya, Eva juga mengajak masyarakat Kota Bandar Lampung bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Berkomitmen untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaga pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

”Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Dan terus  semangat Pancasila dari sabang sampai merauke terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.

“Semoga indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, pancasila.  Semoga melalui peringatan hari lahir pancasila tanggal 1 juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” pungkasya.***

Editor : Siska Purnama Sari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed