oleh

Sumur Putri Ikon Wisata Kota, Eva Dwiana Sediakan Shuttle Bus

BANDAR LAMPUNG – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana bersama Forkopimda setempat meresmikan bendungan Sumur Putri sebagai salah satu obyek wisata di Bandar Lampung, Jumat (5/11).

Lokasi wisata yang berada di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan itu akan dijadikan ikon wisata di Kota Bandar Lampung. Dengan begitu, Pemkot Bandar Lampung akan menyediakan shuttle bus atau bus antar jemput bagi pengunjung.

“Obyek wisata Sumur Putri berada tepat di tepi Jalan Raden Imba Kesuma memiliki lahan parkir kendaraan terbatas. Dengan begitu insyaallah kita punya bus, nanti sentralnya dimana, kita taruh bus kita. Gratis,” Kata Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.

Eva Dwiana menuturkan Sumur Putri sebagai obyek wisata, kaya akan sejarah dan cerita legenda. Lahirnya nama Sumur Putri mengisahkan Putri Raja yang bertapa di sebuah tempat di dekat Kali Akar, Bandar Lampung.

“Sumur Putri menjadi saksi akan kedahsyatan letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda pada 1883 lalu dengan ditemukannya rambu laut, alat bantu navigasi pelayaran. Saat ini rambu laut tersebut berada di depan Mal Pelayanan Satu Pintu,” ujar Eva.

Di lokasi terdapat pemandian air panas yang dapat digunakan untuk ‘blangiran’ sebuah tradisi mandi bersih jelang Ramadan. Sementara kali Akar menyediakan air baku bagi PDAM Way Rilau.

“Di Sumur Putri juga akan menyajikan kuliner andalan khas Lampung, Seruit dan Pindang, bagi para pengunjung,” kata dia.

Ia berharap para pemuda setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari tiga kelurahan; Sumur Putri, Sukarame II, dan Negeri Olok Gading, menjaga obyek wisata Sumur Putri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sumur Putri dengan bendungan dan aliran sungai Kali Akar masih asri dengan pepohonan dan semak belukar. Kita enggak mau terjadi yang dalam tanda kutip. Pihak kecamatan harus kerjasama dengan Lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed