oleh

Bina UMKM Pemula, Strategi Pemkot Berdayakan Masyarakat Bandar Lampung

Program pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandar Lampung sudah tidak asing lagi dari telinga masyarakat.

Pemerintah Kota Bandar Lampung gencar mengagendakan pelatihan olahan makanan dan kerajinan terhadap para pelaku UMKM Pemula di Kota Tapis Berseri.

Pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk kemajuan UMKM tersebut, memang menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Yang tujuannya, selain untuk membangun ekonomi kerakyatan, membuka peluang usaha baru, mengurangi angka pengaguran dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

Juga menumbuhkan sumber daya manusia atau masyarakat Bandar Lampung yang produktif, inovatif, mampu berkreatifitas menghasilkan produk yang berdaya saing dan menembus pasar mancanegara.

UMKM baru di Bandar Lampung dibina melalui pelatihan dan pendampingan, untuk meningkatkan kualitas serta menaikkan kelas produk yang dihasilkan mereka.

Pelatihan yang gerakan terhadap puluhan UMKM di Bandar Lampung, misalnya diberikan pelatihan cara pengemasan produk, dibantu dalam pembuatan izin PIRT dan Lebel halal. Sampai dengan pemasaran produk melalui digitalisasi.

Disamping menggerakan pelatihan tersebut, Pemerintah Kota Bandar Lampung memberikan fasilitas terhadap para pengusaha kecil itu dengan bantuan modal usaha.

Bantuan pinjaman modal tanpa bunga yang bisa dicairkan melalui pihak Bank Swasta, senilai Rp25 sampai Rp50 juta. Hal ini dilakukan untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan usaha nya. Serta membangun sentra UMKM Bandar Lampung di Taman Bung Karno Pahoman.

Levina Novitalia_20711326
Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung