oleh

Pemkot Beri Bantuan Modal dan Furniture Untuk Koperasi serta UMKM Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Pemerintah Kota Bandar Lampung menggelontorkan bantuan ke 170 Koperasi dan Pelaku UMKM di wilayah setempat. Bantuan yang melalui Dinas Koperasi dan UMK berupa pemberian modal  dan perabot furniture.

Sebanyak 93 pelaku UMKM di Bandar Lampung mendapat bantuan modal masing-masing Rp 5 juta. Dan 35 koperasi mendapatkan 1 lemari arsip 3 pintu dan 35 koperasi mendapatkan masing-masing 1 filing cabinet.

“Pelaku UMKM, selain kita beri bantuan permodalan Rp 5 juta, selain itu juga diberi kemudahan dalam mengurus perizinan usaha,” kata Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, di Gedung Semergou, Selasa (27/12/2022).

Sementara, bantuan lemari dan filing cabinet sendiri untuk merapikan berkas-berkas para pelaku usaha koperasi. Sehingga dapat lebih giat lagi.

“Agar pelaku UMKM maupun koperasi di Bandar Lampung ini bisa semakin meningkatkan usahanya,” harapnya.

Kemudian, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung Riana Apriana mengatakan terdapat 170 koperasi dan pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan tersebut.

“Untuk UMKM kita kasih bantuan 5 juta untuk modal ada sebanyak 93 UMKM. Untuk koperasi ada 35 koperasi mendapatkan lemari arsip, 35 koperasi mendapatkan filing cabinet. Kemudian 7 calon koperasi mendapatkan bantuan badan hukum,” kata Riana.

Menurutnya, kriteria koperasi yang mendapatkan bantuan tersebut dilihat dari prestasi koperasi tersebut yakni melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) serta Administrasi tertib dari koperasi tersebut.

“Karena kalau koperasi itu sudah RAT laporannya sudah jalan itu kita anggap sudah administrasi,” terangnya.

Selain itu, untuk pendataan koperasi milik pemerintah, Riana menerangkan hal itu dilihat dari prestasinya tidak dari kepemilikannya. Namun, atas hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi kedepan untuk pihaknya.

Untuk koperasi yang milik pemerintah, mungkin tahun depan tidak kita berikan lagi ya meskipun dia tertib administrasi, karena dari dinas nya sudah ada,” pungkasnya.***

Laporan Redaksi Saibetik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed