oleh

Ujian Akhir Semester Ala UBL, Ratusan Mahasiswa Diajak Naik Panggung

Bandar Lampung, Saibetik.com – Ilmu Komunikasi Universitas Bandar Lampung selain ternyata punya versi sendiri saat menggelar Ujian Akhir Semester (UAS). Jika biasanya mahasiswa lakukan UAS diruang kuliah, dosen ini malah ajak ratusan mahasiswanya UAS diatas panggung.

“Jadi kegiatan Ilmu Komunikasi Mencari Bakat adalah implementasi atau praktek dari mata kuliah Logika Kreatifitas Komunikasi. Kenapa harus praktek ? Karena menurut Saya kreatifitas tidak bisa semua dilihat dari teori. Harus ada prakteknya. Karena Saya yakin sejatinya setiap manusia punya kreatifitas berbeda, ” jelas dosen pengampu Fikri M Akbar saat diwawancarai di Anjungan Kabupaten Way Kanan PKOR Way Halim, Jumat 16 Desember 2022.

Ratusan mahasiswa yang tampil terbagi atas 33 mahasiswa CP dan 84 mahasiswa diluar CP. Sedikit banyak sudah kenal karakter ratusan mahasiswanya sepanjang transfer ilmu secara teori, untuk sesi praktek diatas panggung Fikri beri banyak kelonggaran. Bisa tampil individu, bisa juga tampil per kelompok maksimal tiga orang. Sisi kreatifitas tak dibatasi. You can then show it. Jadi ratusan mahasiswa itu tampilkan kreatifitas awam seperti bernyanyi, memainkan alat musik, memasak hingga baca puisi. Yang tergolong kreatifitas uji nyali intensitas tinggi juga hadir lewat atraksi beragam jurus beladiri Taekwondo hingga bergaya ala peragawati dengan produk pakaian desain sendiri dan dibuat sendiri.

Nah, buat yang phobia tampil atau punya sisi introvert dominan, Fikri juga beri solusi. Dipersilahkan untuk jadi panitia penyelenggara atau jadi pewarta kegiatan sesama rekan mahasiswa. Semua pilihan tampil atau tidak tampil punya keunggulan dan kesulitan masing-masing. Mahasiswa tinggal pilih sesuai argumentasi dan kemampuan. Setidaknya Fikri melatih mahasiswanya memilih secara rasional. Sementara Fikri menyimpulkan dalam angka untuk jadi nilai UAS mereka.

“Prinsipnya dari mahasiswa, oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Banyal hal tak terduga. Salah satunya, yang tadinya saat dikelas secara akademik tergolong biasa saja, ketika tampil malah LUAR BIASA. Itu yang kita tidak lihat secara teori, ” tambahnya antusias. Raut wajah sumringah selalu hadir sepanjang wawancara.

Tulisan ini dibuat sebagai Tugas UAS Mata Kuliah LKK. Rara Trisia NPM 20711327

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed