oleh

Pantau Kenaikan Harga Jelang Nataru, Pemkot Kembali Gelar Pasar Murah dan Bagi-Bagi Beras

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Usai digelarnya kegiatan pasar murah di 126 Kelurahan, Pemerintah kota (Pemkot) Bandar Lampung masih terus memantau perubahan harga jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dinas Perdagangan kota Bandar Lampung Wilson Faisol mengatakan, pasar murah sudah selesai 1 Desember. Namun tidak menutup kemungkinan kegelar kembali jika terjadinya kenaikan harga pangan.

“Kita pantau sekarang juga ada beberapa harga bahan pokok yang naik, namun saat ini naiknya masih dibatas wajar. Kedepan tidak menutup kemungkinan untuk mengatasi kenaikan harga jelang Nataru, ini akan digelar kembali untuk meringankan beban masyarakat,” ujar Wilson, Selasa (6/12/2022).

Wilson menyebut, saat ini harga telur mulai naik kembali. Yang biasanya Rp26 menjadi Rp30 ribu per kilogram di pasaran.

“Kenaikan harga ini juga karena ada beberapa faktor, salah satunya pasokan telur terlambat. Tapi mudah-mudahan kita berdoa dalam waktu dekat sudah setabil kembali,” kata Wilson.

Sementara, Kepala Dinas Pangan Kota Bandarlampung I Kadek Sumarta mengatakan, bagi-bagi beras pada masyarakat di 20 kecamatan akan kembali digelar dalam waktu dekat. Dinas pangan, kata Kadek, menyediakan  sekitar 30 ribu paket pada tahap ke dua.

“Tahap pertama di Oktober sudah. Nah di Desember ini kita bagikan 30 ribu paket beras, yang waktu pembagiannya nanti kita siapkan,” kata dia.

Sehingga jelasnya, total sebanyak 65 ribu paket beras yang dibagikan sejak tahap pertama menghabiskan anggaran Rp3,7 miliar.

“Pembagian beras ini diutamakan di daerah-daerah pesisir. Tapi masyarakat yang mungkin sudah mendapatkan BLT, PKH, kemungkinan tidak dapat. Karena bantuan ini untuk data ter update yang dilakukan oleh camat dan juga kelurahan,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama