oleh

Rebut 61 Keping Mendali, RSC Duduki Peringkat 1 Sumatera

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Meraih total sebanyak 61 keping mendali, Rafflesia Swimming Club (RSC) menduduki peringkat 1 di Sumatera dan menjadi juara umum.

Perkumpulan Renang Rafflesia Swimming Club (RSC) Bandar Lampung mengukir prestasi di tingkat Sumatera, lantaran par atlet RSC berhasil meraih 43 medali emas, 14 medali perak, dan 4 medali perunggu pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se-Sumatera Flipper Lampung Cup Open Championship 2022 di Metro, Lampung, pada Jumat (28/10/2022) sampai Minggu (30/10/2022).

Di posisi kedua perkumpulan renang Tirta Cempaka Bengkulu dengan raihan 15 medali emas, 6 medali perak, dan 8 medali perunggu. Peringkat ketiga diraih Mutiara Rafflesia Bengkulu dengan 10 medali emas, 3 medali perak, dan 4 medali perunggu.

“Perolehan medali yang kami dapat di atas perkiraan. Kami hanya menargetkan 35 medali emas. Tapi syukur anak-anak tampil maksimal dan meraih hasil yang baik,” kata Cindy Wanta, Head Coach Rafflesia Swimming Club, Senin (31/10).

Flipper Lampung Cup Open Championship 2022 merupakan kejuaraan renang yang diikuti oleh 800 orang atlet dari 70 perkumpulan renang Se-Sumatera. Mereka berasal  dari Aceh, Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatera Utara, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Pada kejuaraan ini, Rafflesia Swimming Club Bandar Lampung menurunkan atlet-atlet terbaiknya. Mereka adalah Eto’o Arsitiko Lody Ismail, Wayne Sherlandera Tan, Parisha Banderas, Nayla Anindya Putri, Farouq Ibnu Sina, Angel Agriyani, Abbie Carmelo, Amira Kayana Putri, Wirandy Raihan, Septian Fernando, Piandra Mayangsani, Ancilla Maria, Gratia Felicia, dan Muhamad Hafidz.  

“Kita turun dengan atlet terbaik Raflesia,” jelas Cindy lagi.

Selain menjadi juara umum, lima orang atlet renang dari Rafflesia SC berhasil menjadi perenang terbaik pada kejuaraan yang diselenggarakan di Kolam Renang Tejo Sari, Kota Metro. Kelima atlet ini adalah Eto’o Arsitiko Lody Ismail meraih perenang terbaik pada katagori Kelompok Umur (KU) 16 tahun plus putra. Pelajar kelas 11 SMA Negeri 2 Bandar Lampung ini berhasil meraih 8 medali emas dan 1 medali perak.

Kemudian, Farouq Ibnu Sina di katagori Kelompok Umur (KU) 14-15 tahun. Pelajar kelas 9 SMP Lazuardi Haura, Bandar Lampung ini meraih 8 medali emas, dan 1 medali perak. Muhammad Hafidz Kausar di katagori Kelompok Umur (KU) 8-9 tahun. Pelajar kelas 4 SDIT Azzahra meraih 5 medali emas.

Parisha Banderas di katagori Kelompok Umur (KU) 16 tahun plus putri. Parisha meraih 10 medal emas. Amira Kayana Putri pada katagori Kelompok Umur (KU) 12-13 tahun putri. Pelajar kelas 7 SMP Negeri 2 Bandar Lampung ini berhasil mendapatkan 7 medali emas,1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

“Kita bangga dan berharap ini bisa memotivasi atlet lainnya,” tutur Cindy.

Cindy menambahkan, selain kelima atlet yang menjadi perenang terbaik, sumbangan medali juga berasal dari Nayla Anindya Putri yang meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu. Wayne Sherlandera Tan meraih 5 medali perak, Angel Agriyani mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak dan 1 medali perunggu, Abbie Carmello meraih 1 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu, dan Ancilla Maria meraih 2 medali perak.

Keberhasilan Rafflesia SC menduduki peringkat 1 di Flipper Lampung Cup  Open Championship diraih melalui perjuangan yang cukup berat. Persaingan sengit terjadi di semua nomor perlombaan yang diikuti perenang-perenang Rafflesia SC. “Kita patut bersyukur demgan pencapain ini di tengah persaingan yang sangat sengit,” jelas, Cindy lagi.

Setelah Kejuaraan Flipper Lampung Cup Championship, Rafflesia SC Bandar Lampung akan kembali bersiap untuk kejuaran lain baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Kami terus melakukan persiapan untuk mengikuti event kejuaraan lomba renang dan terus melakukan latihan. Sehingga usaha dan kerja keras dari para atlet Rafflesia SC akan terus membanggakan bagi para orang tua dan daerah,” tutup Cindy.

Sementara itu, anggota Dewan Pembina Flipper Swimming Club, Yudha Al Hadjid bersyukur juara umum di kejuaraan renang ini berhasil diambil perkumpulan renang dari provinsi Lampung.

“Saya senang juara umum bisa diraih klub asal provinsi Lampung,” tandas Adid sapaan Yudha Al Hadjid.

Adid menambahkan Kejuaraan Flipper Lampung Cup merupakan kejuaraan renang yang menggunakan Omega Timing Systim  yang pertama kali di Lampung. Peralatan yang dipergunakan di Sea Games dan Asian Games ini didatangkan dari Jaka Baring Sport Center, Palembang, Sumatera Selatan.

“Alhamdulilah pelaksanaan pertandingan berjalan lancar dan tanpa kendala,” tutur Adid lagi.

Kejuaraan Flipper Lampung Cup dibuka secara resmi oleh Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, Sabtu (29/10). Hadir dalam acara itu Ketua Pengprov PRSI Lampung Ade Utami Ibnu, Ketua Dewan Pembina Flipper Swimming Club Herman HN, dan Anggota Dewan Pembina Flipper Swimming Club Rahmawati Herdian.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed