oleh

Empat Kadidat JPTP Sekda Akan Uji Kompetensi, Nilai Dibawah 68 Dinyatakan Gugur

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Empat kandidat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung akan mengikuti Uji Kompetensi di ruang Inspektirat Pemkot, Jumat (12/8/2022).

Para peserta seleksi terbuka pengisian JPTP Sekda melakukan tahapan awal dari tim Asessor, dan harus mencapai syarat nilai tidak kurang dari 68 untuk masuk dalam tahapan selanjutnya.

“Jika nilainya kurang dari 68 dipastikan gugur, atau tidak bisa meneruskan pada tahap selanjutnya,” kata Jubir Pansel Pengisian JPTP Sekda Kota Bandar Lampung, Yusdiyanto, saat dimintai keterangan, Kamis (11/8).

Prosedur uji kompetensi ini menggugurkan satu orang kandidat. Yusdiyanto menjelaskan, jika ada satu peserta yang mendapat nilai rendah dari yang lain langsung dinyatakan gugur. Namun jika seluruhnya memiliki nilai persyaratan, maka akan lanjut semua ketahap selanjutnya.

“Tapi kalau ada dua peserta yang nilainya kurang dari 68, maka ini kurang memenuhi syarat. Maka yang dua peserta yang lolos ini akan kita konsultasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dulu apakah boleh diteruskan atau tidak,” ungkapnya.

“Termasuk, kalau ada peserta yang tidak datang pada esok pukul 07:30 WIB di ruang Inspektorat, maka otomatis gugur,” tambahnya.

Yusdianto menjelaskan, tema dari materi terdiri dari tiga pertanyaan oleh Asessor yakni kemampuan manajerial, sosial kultural dan teknis dalam jabatan.

“Begitu juga penilaiannya asessor yang menilai, bukan kita. Baru hasilnya diserahkan ke kita. Dan Uji kompetensi ini kita siapkan selama dua hari. Tapi itu terserah asessornya, jika satu hari memang dirasa cukup ya tidak papa,” imbuh dia.

Yusdianto juga menuturkan bahwasanya hari ini dilakukan agenda pemanggilan pada empat pesarta untuk memberikan penjelasan terkait dengan pelaksanaan ujian asessor esok.

“Seperti apa saja yang harus dipersiapkan. Bahwa uji kompetensi ini dilakukan oleh tim asessor yang terverifikasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), jadi bukan dari Pansel,” ucapnya.

Sementara, salah satu peserta seleksi JPTP Sekda Bandar Lampung, Sukarma Wijaya mengatakan penjelasan dari panitia terkait tes jam 7:30 WIB, menerapkan protokol kesehatan dan memakai pakaian hitam putih berdasi.

“Persiapannya ya kita peserta yang di uji ini ya berdoa dan usaha saja semoga besok lancar,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada rekam jejak (administrasi) seleksi terbuka pengisian JPTP Sekda, yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Budiman P Mega unggul dengan nilai 93,75.

Yang selanjutnya diperingkat kedua ditempati Sukarma Wijaya yang menjabat sebagai Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dengan nilai 81,25. Lalu yang ketiga adalah Kepala Dinas Perdagangan, Wilson Faisol dengan nilai 68,75 dan Kepala Dinas PU, Iwan Gunawan dengan nilai 62,50.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed