oleh

Pencanangan BIAN, Provinsi Lampung Targetkan 95% dari 1,5 Juta Jiwa

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Sasaran imunisasi Campak-Rubela di Provinsi Lampung pada anak usia 9 bulan sampai 12 tahun diperkirakan sebanyak 1.590.000 jiwa.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia saat melakukan Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), di SDN 1 Rawa Laut, Rabu (18/5).

Chusnunia menyebut Sebagai provinsi yang melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional tahap pertama, Pemerintah Provinsi Lampung telah berkomitmen untuk bisa mencapai target, yaitu sebesar 95 persen se-Provinsi Lampung.

Penyaluran vaksin Campak dan Rubela akan dilakukan ke seluruh Kabupaten dan Kota di Lampung. Namun untuk sasaran perdana ditempatkan di Kota Bandar Lampung.

“1.590 ini dengan target 95%. Dengan cara kita akan maksimalkan distribusi vaksinnya. Tenaga kesehatannya harus aktif ke anak-anak,” jelasnya.

Kegiatan suntik vaksin anak ini, sambung Chusnunia, akan dilakukan dalam segala kesempatan. Tidak hanya difokuskan pada posyandu dan puskesmas.

“Katena ditarget nantinya akan kerumah-rumah juga,” kata dia.

Chusnunia mengatakan, Imunisasi merupakan kegiatan yang sangat penting dan wajib bagi kesehatan anak dan dapat melakukan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit seperti campak, rubela, polio, difteri, dan sebagainya.
 
Dengan kegiatan imunisasi ini, sambungnya, sekaligus guna menyiapkan generasi yang sehat dan tangguh di masa mendatang.

“Jangan anggap remeh, jangan anggap sepele terhadap imunisasi ini. Selain untuk menjaga kesehatan anak, imunisasi merupakan langkah kita untuk menyiapkan generasi selanjutnya, generasi yang sehat dan tangguh untuk melanjutkan apa yang kita bangun hari ini,” terang dia.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur mengajak seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk kerja bersama menyukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menyampaikan bahwa Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan dalam 2 tahap.

“Tahap 1 untuk provinsi di luar Jawa-Bali (termasuk Provinsi Lampung) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2022 dan tahap 2 untuk provinsi di Jawa & Bali yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 mendatang,” Pungkasnya.

Di akhir acara, Wakil Gubernur Chusnunia didampingi Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana melakukan Penandatanganan Komitmen mendukung dan meyukseskan pelaksanaan BIAN tingkat Kota Bandar Lampung. Selanjutnya, Wakil Gubernur beserta Walikota Bandar Lampung secara simbolis melakukan pemberian imunisasi.

Mengangkat tema “Melindungi Anak Indonesia Dari Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi”. Kegiatan dihadiri Forkopimda Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung, Walikota Bandar Lampung, Kepala Satuan Kerja Daerah Provinsi Lampung dan Kota Bandar Lampung, Organisasi Profesi se-Provinsi Lampung, Ketua Tim Penggerak PKK se-Provinsi Lampung, Tim dari WHO & UNICEF perwakilan Lampung.

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed