oleh

Bunda Eva Favoritkan Dugan Sebagai Hidangan Berbuka Puasa

BANDAR LAMPUNG, Saibetik.com – Sudah menjadi ciri khas di bulan Ramadhan ini, buah kelapa muda atau dugan menjadi minuman favorit buka puasa.

Selain segar, rasa manis buah dugan cocok untuk meningkatkan kadar gula yang rendah saat berpuasa.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana juga memfavoritkan buah dugan sebagai menu berbuka puasa. Buah yang bisa dikonsumsi daging hingga air nya itu, selalu tersedia di meja makannya.

“Menu berbuka, yang wajib Bunda harus ada setiap harinya saat berbuka puasa yakni dugan,” kata Bunda Eva Dwiana -sapaan- Wali Kota Bandar Lampung,  Kamis (7/4/2022).

Meski minuman favorit buah dugan tak tergantikan, namun untuk hidangan berbuka puasa Bunda Eva tidak pilah pilih.

“Untuk menu makanan saat berbuka, Bunda tidak pilih-pilih makanan, apa saja bisa disantap,” jelasnya.

Meski ditengah kesibukannya memimpin Kota Bandar Lampung, Bunda Eva mengaku lebih senang untuk berbuka puasa dirumah. Dan mempersiapkan sendiri hidangan berbuka untuk keluarga.

“Walaupun sesibuk apapun pekerjaan diluar, namun tidak meninggalkan prioritasnya sebagai istri dan seorang ibu rumah tangga. Bunda masak sendiri. Makanan bunda apa saja yang ada, karena semua makanan itu sehat,” jelasnya.

Menurut Bunda, hidangan berbuka puasa tidak harus mahal. Tapi carilah yang bermanfaat bagi tubuh dan tenaga.

“Karena bukan diukur dari mahalnya, tapi walau murah kalau itu memang untuk kesehatan badan mengapa tidak. Tapi kalau pak Herman HN itu kesukaannya Pindang sama sambal terasi,” tambahnya.

Usai berbuka puasa, Bunda Eva juga langsung ibadah tarawih di rumah bersama keluarga.

“Kemarin sempat sudah dijadwalkan untuk tarawih keliling, dan buka puasa keliling. Namun intruksi dari pusat tidak membolehkan. Target ibadah bunda di Ramadhan ini harus lebih baik dari hari-hari biasa. Kalau doa itu harus, tapi setidaknya baca yasin dan tadarusan,” jelasnya.

Namun, untuk tetap menghidupkan ekonomi rakyat. Bunda Eva tidak melarang masyarakat yang ingin menggelar buka bersama direstoran atau kafe. Namun tetap patuh protokol kesehatan.

“Jangan berkrumun dan abis makan pakai lagi maskernya. Bunda berharap masyarakat Bandar Lampung sesempat mungkin, kita harus berkumpul dengan keluarga, kecuali memang ada acara yang mendesak dan tidak bisa ditinggalkan. Karena momen seperti inilah keberkahannya,” pungkasnya.

Laporan Siska Purnama