oleh

Gubernur Arinal Djunaidi Buka Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021

BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021, dengan mengusung tema “Spirit of Tapis”.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung itu, diharapkan akan terbangun peluang pasar produk kain tapis dalam bentuk transformasi produk Tapis Lampung.

“Dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi, dan diharapkan dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan kepada salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021).

Arinal mengatakan, Festival Kemilau Tapis Lampung itu tidak hanya untuk menampilkan karya UMKM,  juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa ekonomi Lampung terus mengalami tren pertumbuhan yang positif.

“Jadi kalau Dekranasdanya nanti upayanya agak tersendat kasih tahu saya, akan saya bantu dan berikan dukungan,” tegas Arinal

Terlebih, pakaian adat lampung untuk pria seperti Tumpal dapat lebih diangkat. Meski variasinya tidak sebanyak kain tapis tapi tumpal juga perlu ditampilkan sebagai salah satu pakaian adat Lampung.

“Kita bangga melihat Presiden menggunakan pakaian tumpal, itu yang menginisiasi saya. Saya minta kepada beliau dan Alhamdulillah diterima, tapi diprotes kenapa bukan tapis. Nah jadi ini makanya kita harus segera melakukan pendekatan agar masyarakat juga kita lebih tahu bahwa sesungguhnya pakaian adat Lampung itu juga untuk laki-lakinya yaitu tumpal,” jelas dia.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyebut bahwa kegiatan momentum kebangkitan industri kreatif Lampung, dalam mengangkat budaya unggulan dengan dukungan masyarakat dan partisipasi perajin serta mitra.

“Dengan seringnya ajang pameran kriya terutama kain tapis dalam beberapa tahun ini, menunjukkan perkembangan yang sangat positif, hal ini tidak terlepas dari perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan mitra UMKM pengrajin Lampung dalam memajukan tapis di bumi ruwa Jurai,” ungkapnya.

Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 24 – 26 November 2021 di Hotel Sheraton. Diisi dengan Pameran tapis dari 15 Kabupaten/Kota binaan Dinas Koperasi dan UKM provinsi Lampung, dan Dekranasda, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati/Walikota Se-Lampung, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota Se-Lampung, parajin dan pelaku UMKM, Penerima penghargaan upakarti kepeloporan tapis tahun 1992 ibu Hajah Wati, Desainer Nasional Didit Maulana, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Laporan Siska Purnama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed