oleh

Inggris Gunakan 2 Obat Radang Sendi Ini untuk Mengobati Pasien Covid-19

SAIBETIK – Peneliti telah menemukan dua obat lain yang dapat digunakan pada pasien Covid-19, dan obat ini terbukti telah menyelamatkan nyawa.

Dilansir Suara.com, Kedua obat tersebut adalah tocilizumab dan sarilumab, obat yang umumnya digunakan sebagai obat radang sendi atau arthritis.

Selain menyelamatkan nyawa, pasien di unit perawatan intensif NHS (sistem layanan kesehatan Inggris) yang menjadi peserta uji coba obat juga dapat sembuh secara cepat.

Selain itu, obat juga mengurangi lamanya waktu pemulihan dibutuhkan pasien kritis sekitar satu minggu.

Menurut laporan BBC, kedua obat eksperimental tersebut tampak bekerja dengan baik dan menambah manfaat obat steroid

“Untuk setiap 12 pasien yang ditangani dengan obat-obatan ini, Anda dapat berharap (obat) ini menyelamatkan nyawa. Ini efek yang besar,” kata peneliti utama Anthony Gordon, dari Imperial College London.

Dalam uji coba REMAP-CAP yang dilakukan di enam negara berbeda dan dengan sekitar 800 pasien di perawatan intensif, peneliti menemukan kasus kematian berkurang menjadi 27% apabila obat ini diberikan kepada pasien dalam waktu 24 jam setelah mereka dipindahkan ke ruangan.

“Fakta bahwa sekarang ada obat lain yang dapat membantu mengurangi kematian pasien Covid-19 adalah berita yang sangat disambut baik,” ujar Stephen Powis, direktur medis nasional NHS.

Dokter menyarankan untuk memberikan obat ini pada pasien Covid-19 yang, meski menerima deksametason, kondisinya memburuk dan membutuhkan perawatan intensif.

Namun, temuan penelitian ini belum ditinjau atau dipublikasi dalam jurnal medis.(SAI03/NET)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed