oleh

1.260 Pengurus Kelompok Sadar Wisata Mulai Dibentuk Pemkot Bandar Lampung

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,1 miliar untuk pembagunan dua lokasi wisata, Sumur Putri dan Pemandian Air Panas.

Dengan adanya support pada satu objek tersebut, Pemkot melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bandar Lampung kedepan akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 126 kelurahan.

“Dilokasi pembangunan dua wisata ini kesiapan dari masyarakat setempat sudah baik, mereka senang karena kita bentuk Pokdarwis. Dalam waktu dekat ini, kita akan bentuk lagi di seluruh kelurahan se-Bandar Lampung,” kata Kepala Dispar Bandar Lampung, M. Yudhi.

Yudhi menyebut, disetiap kelurahan rencanyanya akan didelegasikan 10 kepengurusan Pokdarwis. “Totalnya ada 1.260 Kepengurusan Pokdarwis,” ujarnya.

Menurut Yudhi, di setiap kelurahan di Bandar Lampung diketahui banyak potensi yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Dengan keberagaman suku dan keunikan suatu wilayah.

“Dasar kita untuk minta bantuan ke pusat, bawasannya kelurahan ini siap menjadi tempat wisata karena banyak pondasi objek wisata, namun tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Terlebih, lanjutnya, disetiap masyarakat disetiap kelurahan juga memiliki skil dan kemampuan untuk membentuk UMKM.

“UMKM dan Wisata ini nggak mungkin kita satu padukan, artinya Pokdarwis ini mengangkat pontensi yang tidak terjamah. Pemkot mengembangkan Pariwisata berbasis masyarakat,” pungkasnya.(SAI03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed