oleh

Wabup Lambar Berikan Penghargaan Para Seniman Orkes Gambus

LAMPUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) memberikan hadiah kepada 15 grup seni daerah tradisional Orkes Gambus, Senin (16/11/2020).

Serah terima piala, piagam dan uang pembinaan itu diberikan langsung Wakil Bupati Lambar Drs. H. Mad Hasnurin kepada para peraih juara dengan kategori berbeda.

Perlombaan orkes gambus para pelaku seni traditional Lambar tersebut digelar secara virtual, dengan mengambil kategori juara penampilan terbaik, eksistensi, legendaris, dan kostum. Tidak terkecuali, penampilan milenial dan like video terbanyak juga masuk dalam penilaian.

“Meskipun diadakan secara virtual, kami atas nama pemerintah daerah sangat mengapresiasi semangat dari para peserta lomba. Dimana para peminantnya masih sangat banyak, mulai dari orangtua sampai anak muda,” kata Mad Hasnurin.

Mad Hasnurin berharap, kegiatan seni Orkes Gambus di Lambar bisa terus eksis. Dan banyak dicintai masyarakat dari seluruh kalangan.

“Krena seni ini merupakan terun-temurun yang di wariskan hinga saat ini. Sehingga kedepan seni budaya ini, akan terus di gelar lewat festival,” terangnya.

Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani, SP, M.Si., menyebut bahwa dengan adanya aktivitas pagelaran seni traditional yang masih asri, dan atraksi menarik bisa menjadi daya tarik wisatawan dari luar provinsi.

“Kami  menggandeng para seniman di Kabupaten Lampung Barat dan berusaha menghidupkan seni traditional, salah satunya dengan perlomban. Selain untuk mempertahankan budaya, juga meningkatkan daya tarik wisata guna menumbuhkan sektor ekonomi kreatif,” pungkas Tri.(SAI03)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed